nikmatnya menjadi wirausaha,BI2 softskill 2011

NIKMATNYA MENJADI WIRAUSAHA
 Pengertian wirausahawan
Pengertian Kewirausahaan berasal dari kata enterpteneur yang berarti orang yang membeli barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang yang akan dijual. Wirausaha sering juga disebut wiraswasta yang artinya sifat-sifat keberanian, keutamaan, keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. Meski demikian wirausaha dan wiraswasta sebenarnya memiliki arti yang berbeda . Wiraswasta tidak memiliki visi pengembangan usaha sedangkan wirausaha mampu terus berkembang dan mencoba usaha lainnya.
Istilah lainnya yang semakna dengan wirausaha adalah wiraswasta. Istilah wiraswasta lebih sering dipakai dan lebih dikenal daripada wirausaha. Padahal, keduanya bermakna sama dan merupakan padanan dari kata entrepreneur. Kata wiraswasta berasal dari gabungan wira-swa-sta dalam bahasa sansekerta. Wira berarti utama, gagah, luhur, berani, teladan, atau pejuang; swa berarti sendiri atau mandiri; sta berarti berdiri; swasta berarti berdiri ditas kaki sendiri atau dengan kata lain berdiri di atas kemampuan sendiri.
Sedangkan wirausahawan mengandung arti secara harfah, wira berarti berani dan usaha berarti daya upaya atau dengan kata lain wirausaha adalah kemampuan atau keberanian yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih kesuksesan.
Berdasarkan makna-makna tersebut, kata wiraswasta atau wirausaha berarti pejuang yang gagah, luhur, berani dan pantas menjadi teladan di bidang usaha. Dengan kalimat lain, wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai sifat-sifat kewiraswastaan atau kewira-usahaan. Ia bersikap berani unuk mengambil resiko. Ia juga memiliki leutamaan, kreatifitas, dan teladan dalam menangani usaha atau perusahaan. Keberaniannya berpijak pada kemampuan sendiri atau kemandiriannya.
Pengertian lainnya menyebutkan kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi. Raymond dan russel memberikan definisi tentang wirausaha dengan menekankan pada aspek kebebasan berusaha yang dinyatakannya sebagai berikut : An entrepreneur is an independent growth oriented owner operator.
 Syarat menjadi wirausaha
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan mempermudah syarat program Wirausaha Muda. Pada 2011, peserta program ini tak lagi hanya para lulusan sarjana melainkan dengan batasan usia 35 tahun.
Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan mengatakan, perubahan persyaratan tersebut untuk mengejar target 1.000 wirausaha muda. “Segmennya kami ubah, kalau tahun sebelumnya harus sarjana sekarang lulusan sekolah menengah atas pun bisa,” kata Syarief kepada KONTAN akhir pekan lalu.
Namun, tentunya kementerian ini tetap menggarap para sarjana yang ingin terjun ke dunia usaha. “Karena jumlah mereka yang menganggur sangat signifikan, hampir 1 juta orang,” ujarnya.
Meskipun sasaran program wirausaha muda kini diperluas, namun pengembangan wirausaha bagi sarjana masih tetap berjalan. “Pengembangan sarjana wirausaha merupakan bagian dari Gerakan Wirausahawan Nasional,” kata Neddy.
Mengapa kami memiliki banyak waktu?
Karena saya bukanlah pekerja, tetapi saya adalah mahasiswa! Tetapi saya bukan pengangguran biasa, karena saya adalah mahasiswa yang ingin mencoba untuk berwirausaha.
Saya memiliki beberapa usaha kecil yang telah dapat memberikan passive income. Saya tidak harus turun tangan sendiri untuk mengerjakan usaha tersebut saat ini. Tetapi beberapa usaha yang saya rintis beberapa waktu yang lalu tersebut telah berjalan dengan sendirinya dan dapat menghasilkan income secara terus menerus untuk kami. Inilah yang disebut dengan passive income.
Coba anda bayangkan…
Jika saja lebih dari satu juta pengangguran di Indonesia dapat diubah menjadi lebih dari satu juta pengangguran entrepreneur? Walau pun entrepreneur skala usaha kecil, dampaknya bagi perekonomian Indonesia akan luar biasa!
Ingat, pilar sebuah bangsa adalah keluarga! Keluarga-keluarga yang kokoh akan menghasilkan masyarakat yang luar biasa. Masyarakat yang luar biasa akan membentuk bangsa yang hebat luar biasa!
Indonesia di masa mendatang memiliki harapan untuk menjadi bangsa yang hebat luar biasa! Jika saja keluarga-keluarga kecil yang merupakan elemen terkecil di masyarakat dapat menjadi keluarga-keluarga yang kokoh. Dan hal itu bisa diwujudkankalau kita ada keinginan!
Hidup hanya Sekali!
Masa kecil, masa remaja, masa dewasa, dan masa tua hanya dialami sekali. Tidak dapat diulang dan tidak dapat dibeli. Oleh karena itu, jangan sia-siakan waktu hidup anda hanya untuk bekerja, bekerja, dan bekerja, seumur hidup mencari uang, uang, dan uang! Banyak hal yang lebih berharga daripada uang, salah satu diantaranya adalah waktu. Uang dapat dicari tetapi waktu tidak dapat dibeli.
Raihlah passive income! Itulah yang selalu saya ajarkankepada teman-teman saya. Jadilah entrepreneur! Bukannya pekerja! Itu kalau anda ingin mendapatkan kualitas hidup anda lebih baik dan menikmati kehidupan ini dengan lebih menyenangkan…
Nah, sama seperti sakit dan sehat, sakit-sakit nikmat, sukses dan gagal. Kita tidak akan bisa merasakan sukses tanpa pernah gagal, kita akan tau rasanya sukses kalau kita tau rasanya gagal. Tidak mungkin ada sukses kalau tidak pernah gagal. Kecuali tidak pernah mencoba apapun, maka tidak tau rasanya keduanya. Namun, apakah hidup akan terasa nikmat kalau tidak pernah merasakan sakit sekalipun? Memang sakit itu tidak enak, namun hanya orang-orang yang pernah merasakan sakit, bisa mensyukuri nikmatnya sehat. Hanya orang-orang yang pernah gagal, yang bisa merasakan sukses dan mensyukuri sukses. So, kenapa takut Gagal? Kalau dibalik Kegagalan-kegagalan,
Bila ingin memulai bisnis sendiri (menjadi wirausahawan) maka mulailah dengan modal yang ada di kantong (dompet) anda. Jangan memaksa dengan berhutang.
bila memulai bisnis sesuai modal yang ada, dari bawah menikmati proses nikmatnya n menikmati susahnya mencari pelanggan, menikmati kerugian-kerugian kecil, menikmati keuntungan yang bertambah setahap demi setahap. Maka nikmat itu bisa lebih dirasakan.
ingat hukum alam, makin tinggi sebuah pohon makin besar angin yang menerpanya
makin besar modal, makin besar resiko
jadi jika kita ingin lebih nikmat? Mulailah dari bawah
ketika sampai puncak, kita akan merasakan puncak kenikmatan dalam kesuksesan.

Sumber : Artikel
• Harian Kontan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s