peristiwa tsunami di jepang, BI2 soffskill 2011

Peristiwa Tsunami Di Jepang
Jepang merupakan Negara yang masih di idolakan bagi penduduk Indonesia. Tetapi akibat Sapuan gelombang Tsunami dan Goncangan gempa dengan kekuatan sekitar 8,9 SR mampu meluluh lantakkan daerah pesisir pantai timur laut Jepang dengan sekejap.
Banyaknya penduduk yang meninggal dunia, akibat dari gelombang tsunami tersebut Sampai sekarang upaya pencarian korban jiwa akibat kejadian Gempa yang disusul dahsyatnya Gelombang Tsunami di Jepang masih terus dilakukan oleh pihak pemerintah. Evakuasi besar juga terjadi pasalnya terjadi kebakaran Nuklir di jepang yang membuat sekitar puluhan ribu orang di evakuasi.
“Gempa bumi telah mengakibatkan kerusakan besar, di kawasan Jepang,”
Sementara Kota Tokyo, hanya merasakan goncangan Gempa dahsyat di 140 tahun terakhir dan para warga disanapun ikut panik.setelah kejadian tsunami di jepang aliran listrik pun menjadi padam.
Banyknya penduduk yan hilang akibat terjadinya gelombang tsunami di jepang. Terutama di kota Sendai, kota itu memang menjadi tempat yang paling parah terkena guncangan gempa dan sapuan gelombang Tsunami.
Korban yang tewas akibat kejadian alam Tsunami dan Gempa di Jepang bisa lebih dari ratusan, saat ini sudah ada sekitar 349 orang hilang untuk daerah Sendai saja. Untuk daerah kota Ofunato, diberitakan ada sekitar 300 rumah yang hanyut tersapu Gelombang besar Tsunami yang mencapai ketinggian sekitar 4-10 meter.
Reaktor niklir dijepang mengalami kerusakan akibat guncangan gempa hingga akhirnya meledak. Ledakan yang terlihat pada reaktor nuklir no. 1 Fukushima milik Jepang tersebut membuat beberapa pekerja yang berada di lokasi mengalami luka-luka akibat ledakan ini. Kira-kira ada 11 Ribu warga Fukushima yang di evakuasi dari daerah yang terancam radiasi Radio Aktif akibat ledakan tersebut.
Kemungkinan meledaknya Reaktor Nuklir no.1 Fukushima di Jepang karena adanya batang bahan bakar nuklir sempat terkena udara di saat kadar air berkurang. Pihak pemadam kebakaran setempat bereaksi cepat dengan menyemprotkan air ke reaktor tersebut agar tetap dingin mengingat pendingin yang selama ini melindungi panas nuklir telah rusak akibat gempa jepang 8,9 SR. Pemerintah telah mengirim tim dan juga mengumpulkan yodium, yang dinyatakan bisa melawan penyakit radiasi. Sangat berbahaya jika tidak diambil langkah cepat untuk mengatasi penyebaran radiasi radio aktif.

SUMBER :
• chempornet 3 Comments
• Vivanews.com

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s