cahaya perparah nyeri migrain

12/01/2010 – 11:27
[increase] [decrease]
Cahaya Perparah Nyeri Migrain

INILAH.COM, Jakarta – Beberapa ilmuwan di Harvard Medical School, AS, telah menemukan alasan mengapa cahaya dapat memperparah rasa nyeri penderita migrain.

Para ilmuwan dari Beth Israel Deaconess Center, cabang dari Harvard Medical School, melakukan percobaan dengan menyelidiki dua kelompok orang buta yang menderita migrain.

Sebanyak 20 orang buta dibagi ke dalam dua kelompok, satu kelompok orang yang buta total, dan satu lagi orang yang tidak buta total.

Kelompok pertama tak bisa melihat gambar atau merasakan cahaya sehingga mereka tak dapat menjaga lingkaran tidur-jaga. Di kelompok kedua, meskipun mereka tak bisa melihat gambar, mereka dapat mendeteksi adanya cahaya.

Setelah mempelajari kedua kelompok orang buta itu yang memiliki sakit kepala sebelah, para peneliti mendapati bahwa cahaya memicu reaksi di dalam sejumlah syaraf otak yang tetap aktif untuk beberapa waktu.

Hampir 85% penderita migrain sangat sensitif terhadap cahaya, kondisi yang dikenal sebagai fotofobia, tapi sampai sekarang tak seorang pun mengerti mengapa itu terjadi.

Hasil penelitia ini dipublikasikan di jurnal online Nature Neuroscience, Senin (11/1). [mor]

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s