MAKANAN IBU HAMIL DAN MENYUSUI

MAKANAN IBU HAMIL DAN MENYUSUI

A. Kebutuhan nutrien meningkat secara propesional Contohnya, Kebutuhan zat gizi tiga kali lipat selama hamil, sedangkan kebutuhan vitamin B12 meningkat hanya kira-kira 10%
Beberapa hal yang penting di perhatikan :
1.) Kebutuhan aktualselama hamil bervariasi di antara individu dan di pengaruhi oeh status nutrisi sebelumnya dan riwayat kesehatan. Contoh : penyakit kronik, kehamilan kembar, dan jarak kehamilan yang rapat.
2.) Kebutuhan terhadap satu nutrien dapat diganggu oleh asupan yang lain. Misalnya, ibu yang tidak memenuhi kebutuhan kalorinya akan membutuhkan jumlah protein yang lebih besar.
3.) Kebutuhan nutrisi tidak konstan selama perjalanan kehamilan. Kebutuhan nutrien sedikitberubah selama trimester pertama pertama dan paling banyak selama trimester akhir.
Kalori. Kebutuhan kalori meningkat karena peningkatan laju metabolic basal dan karena penambahan berat badan meningkatkan jumlah kalori yang di bakar selama aktivitas.
Protein. Kebutuhan protein meningkat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, pembentukan plasenta dan cairan amnion, pertumbuhan jaringan maternal dan penambahan volume darah.
Asam folat. Ibu yang mengonsumsi jumlah asam folat adekuat sebelum konsepsi dan selama bulan awal kehamilan menurunkan resiko mengandung bayi dengan defek tuba neural (mis, spina bifida, anensefali). Makanan yang kaya bentuk asam folat alami (folat) meliputi juz jeruk, sayuran hijau, brokoli, asparagus.
Kalsium. Bila asupan kalsium adekuat sebelum hamil, jumlah yang dikonsumsi tidak perlu meningkat. Ibu yang tidak mengonsumsi cukup kalsium dari makanan memerlukan suplemen kalsium.
Zat besi. Suplemen 30 mg zat besi di anjurkan untuk semua wanita selama trimester kedua dan ketiga, zat besi lebih baik dikonsumsi di antara waktu makan atau pada jam tidur pada saat lambung kosong untuk memaksimalkan absorpsi.
1
Kebutuhan nutrisi untuk ibu (19-30 tahun) selama hamil dan menyusui

wanita
tidak
Nutrien hamil hamil menyusui
Kalori 2200 Tri I: +0 +500
Tri II: +300
Tri III: +300
Protein 46 60 65
Vit A (ug)* 800 800 1300
Vit D (ug) 5,0* 5,0* 5,0*
Vit E (ug) 15 15 19
Vit K (ug)* 60 65 65
Vit C (ug) 75 85 120
Tiamin (mg) 1,1* 1,4* 1,5*
Riboflavin (mg) 1,1* 1,4* 1,6*
Niasin (mg) 14* 18* 17*
Vit B6 (mg) 1,3* 1,9* 2,0*
Folat (ug) 400* 600* 500*
Vit B12 (ug) 2,4* 2,6* 28*
Asam pantotenat (ug) 5* 6* 7*
Biotin (ug) 30* 30* 35*
Kalsium (ug) 1000* 1000* 1000*
Fosfor (ug) 700* 700* 700*
Magnesium (mg) 310* 350* 310*
Zat besi (mg)* 15 30 15
Zink (mg)* 12 15 19
Yodium (ug)* 150 175 200
Selenium (ug)* 55 60 70

2
CONTOH MENU SEHARI UNTUK IBU
HAMIL DAN IBU MENYUSUI
Makan pagi:
Roti
Telor mata sapi
Orak-arik wortel
Papaya
Susu
Makan Selingan (pk. 10.00) :
Bubur kacang hijau
Teh manis
Makan siang/sore :
Nasi
Kalio daging
Perkedel tahu isi udang
Sayur bening daun katuk :
Lalap tomat
Makan selingan (pk. 16.00) :
Goring pisang
Teh manis
Sebelum tidur (pk. 20.00)
Susu coklat

3
B. Ibu menyusui
Kalori. Kebutuhan kalori selama menyusui proposional dengan jumlah air susu ibu yang dihasilkan dan lebih tinggi selama menyusui disbanding selama hamil.
Rata-rata kandungan kalori ASI yang dihasilkan oleh ibu dengan nutrisi baik adalah 70 kal/100ml, dan kira-kira 85 kal diperlukan oleh ibu untuk tiap 100 ml yang dihasilkan. Rata-rata ibu menggunakan kira-kira 640 kal/hari untuk 6 bulan kedua untuk menghasilkan jumlah susu normal.
Ibu yang bertambah berat badannya secara tepat selama hamil harus meningkatkan asupan kalorinya 500 kal/hari baik selama 6 bulan pertama dan kedua menyusui.
Protein. Ibu memerlukan tambahan 20 gram protein diatas kebutuhan normal ketika menyusui. Jumlah ini hanya 16% dari tambahan 500 kal yang dianjurkan.
Cairan. Pertimbangan nutrisi lain selama menyusui adalah asupan cairan. Dianjurkan bahwa ibu yang menyusui minum 2-3 liter cairan per hari, lebih baik dalam bentuk air putih, susu dan jus buah bukan minuman ringan, sirup, dan minuman mengandung kafein. Biasanya ibu sangat dianjurkan untuk minum satu gelas setiap kali menyusui.
Vitamin dan mineral. Kebutuhan vitamin dan mineral selama menyusui lebih tinggi daripada selama hamil. Nutrien yang paling mungkin dikonsumsi dalam jumlah tidak tidak adekuat oleh ibu menyusui adalah kalsium, magnesium, zink, vitamin B6, dan folat. Suplemen khusus dapat diindikasikan ketika asupan ibu tidak adekuat, misalnya:
1.) Multivitamin seimbang dan suplemen mineral diperlukan ibu yang mengonsumsi makanan kurang dari 1800 kal/hari.
2.) Suplemen kalsium diindikasikan untuk ibu yang intoleran laktosa atau yang tidak mengonsumsi susu cukup dan makanan kaya-kalsium lain.
3.) Suplemen vitamin D mungkin perlu untuk ibu yang menghindari makanan diperkaya vitamin D (mis, susu sereal) dan sedikit terpajan pada matahari.
4.) Suplemen vitamin B12 perlu untuk vegetarian ketat bila mereka tidak mengonsumsi produk tanaman diperkaya vitamin B12 secara teratur.
5.) Suplemen zat besi mungkin diperlukan untuk mengganti defisit zat besi selama hamil dan kehilangan darah selama melahirkan.
4
Tambahan zat gizi yang diperlukan antara lain meliputi protein, kalori, mineral, vitamin, dan cairan. Tambahan protein yang dianjurkan untuk masa laktasi atau menyusui sekitar 23 gr/hari, protein yang diperlukan ibu menyusui minuman 63 gr per hari.
Untuk vitamin, tambahan vitamin C pada masa menyusui sama besarnya dengan pada masa hamil vitamin C tidak diperlukan terlalu banyak pada saat menyusui, karena toh yang keluar lewat ASI hanya dalam jumlah sedikit vitamin yang perlu ditingkatkan jumlahnya adalah vitamin A, hingga sekitar 2500 UI, dan vitamin B kompleks.
Untuk mencukupi kebutuhan gizi ibu menyusui sebaiknya juga makan banyak sayuran. Sayuran tertentu seperti katuk dan kacang-kacangan, konon dapat membantu melancarkan ASI keampuhan daun katuk sebagai sayuran pembanjar ASI sudah diteliti memang terbukti manfaatnya.
Sebagai patokan komposisi kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui terdiri dari 55% karbohidrat, 15% protein, dan 30% lemak dari total kalori.
Lain dari itu sebaiknya makanan ibu tidak terlalu pedas dan terlalu banyak bumbu seperti merica, cuka, dan bahan lain yang agak merangsang.

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s